Komisi XI DPR Soroti Pertumbuhan Ekonomi Tinggi tapi Kemiskinan Meningkat

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:02 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) Azwar Anas membuat heboh setelah menyentil anggaran pengentasan kemiskinan di kementerian/lembaga. Dia menyebut anggaran hampir Rp500 triliun tapi penggunaannya tidak sejalan dengan target Presiden Jokowi. Bahkan sebagian anggaran justru terserap untuk kegiatan rapat hingga studi banding.

"Hampir Rp500 triliun anggaran kita untuk anggaran kemiskinan yang tersebar di kementerian dan lembaga, tapi tidak inline dengan target Pak Presiden karena, K/L sibuk dengan urusan masing-masing," kata Anas dalam Sosialisasi Permen PANRB No 1/2023 di Grand Sahid Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Januari 2023.

Pernyataan itu membuat heboh. Karena itu selang sehari, Anas menjelaskan duduk perkaranya perihal serapan anggaran pengentasan kemiskinan Rp500 triliun kementerian/lembaga. Menurutnya, ia tak menyebut anggaran tersedot hanya untuk rapat dan studi banding kemiskinan, melainkan sebagian program kemiskinan belum berdampak optimal.

"Jadi begini, setelah kita pilah, ada sejumlah instansi, terutama di daerah, yang program kemiskinannya belum sepenuhnya berdampak optimal," katanya.

Ia mencontohkan studi banding soal kemiskinan, diseminasi program kemiskinan yang berulang kali di hotel. "Hal itu memang terjadi tapi bukan Rp500 triliun habis untuk studi banding dan rapat. Arahan Bapak Presiden jelas, yaitu anggaran yang ada bisa dibelanjakan untuk program yang berdampak langsung ke warga," kata Anas dalam keterangan tertulis, Minggu, 29 Januari 2023.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)