Presiden Jokowi Sedih 60% Belanja Iklan Diambil Platform Asing

Kamis, 09 Februari 2023 - 12:26 WIB
loading...
Presiden Jokowi Sedih 60% Belanja Iklan Diambil Platform Asing
Presiden Jokowi menyebut keberlanjutan industri media konvensional menghadapi tantangan berat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan keberlanjutan industri media konvensional menghadapi tantangan berat. Hal tersebut dikarenakan sekitar 60% belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-platform asing.

"Ini sedih loh kita. Sehingga tadi malam saat makan durian saya mengundang beberapa tokoh insan pers untuk berbicara mengenai ini," kata Jokowi dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Kamis (9/2/2023).

Jokowi mengungkapkan Menkominfo Johnny G Plate telah mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan peraturan presiden (perpres) tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas. Namun, ada usulan lain rancangan perpres tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.



"Saran saya bertemu, kemudian dalam satu bulan ini harus selesai mengenai perpres ini. jangan lebih dari satu bulan, sudah saya akan ikut nanti dalam beberapa pembahasan mengenai ini," kata Jokowi.



Jokowi menjelaskan 60% belanja iklan yang diambil oleh media digital terutama platform-platform asing mengakibatkan sumber daya keuangan media konvensional semakin berkurang.

"Sekali lagi sekitar 60% belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform plaform asing. Artinya Apa? sumber daya keuangan media konvensional akan semakin berkurang terus. Larinya pasti ke sana dan sebagian sudah mengembangkan diri ke media digital tetapi dominasi platform asing dalam mengambil belanja iklan ini telah menyulitkan media dalam negeri kita," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)