Suasana Kejagung Sepi Jelang Pemeriksaan Johnny G Plate, Ini Kata Kapuspenkum

Kamis, 09 Februari 2023 - 09:32 WIB
loading...
Suasana Kejagung Sepi Jelang Pemeriksaan Johnny G Plate, Ini Kata Kapuspenkum
Menkominfo Johnny G Plate hari ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Jampidsus Kejagung. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate hari ini dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Jampidsus. Namun menjelang pemeriksaan suasana di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) nampak senyap.

Dari pantauan MNC Portal di lokasi pukul 08.15 WIB, tidak ada persiapan dan pengamanan khusus untuk menjamu kehadiran Menkominfo yang juga politikus asal partai Nasdem tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana belum dapat memastikan kehadiran Johnny ke Kejagung. "Nanti ya, saya check (kehadiran Johnny G Plate) di Pidana Khusus," ujar Ketut saat dikonfirmasi, Kamis (9/2/2023).



Sejumlah anggota TNI maupun Polri terlihat berjaga seperti biasanya. Mereka, berdiri di tiap-tiap ruang khusus yang berada di kawasan Kejagung.



Diketahui, Kejagung menjadwalkan pemeriksaan terhadap Johnny G Plate terkait dugaan korupsi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo hari ini. Johnny akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo.

Hingga kini, Kejagung telah menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut. Salah satu yang ditetapkan adalah anak buah Plate yaitu Anang Achmad Latif selaku Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo. Dia mempunyai sejumlah peran salah satunya sengaja mengeluarkan peraturan yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak terwujudnya persaingan usaha yang sehat serta kompetitif dalam pendapatkan harga penawaran.

Kasus ini terungkap pada November 2022 lalu, nilai anggaran yang diketahui penyidik dalam proyek pembangunan dan penyediaan infrastruktur BTS 4G BAKTI Kemenkominfo ini berkisar Rp10 triliun. Dugaan tindak pidana korupsi berupa dugaan mark-up maupun pembangunan fiktif yang dilakukan ditaksir merugikan keuangan negara senilai Rp1 triliun lebih.

Merespons panggilan itu, Menkominfo Johnny G Plate memastikan dirinya akan memenuhi panggilan dari penyidik Korps Adhyaksa. Saat ini Johnny G Plate tengah mengikuti jalannya perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara (Sumut). “Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai," ujar Rabu, 8 Februari 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)