KPK Tegaskan Tidak Ada Janji Khusus Bawa Lukas Enembe Berobat ke Singapura

Rabu, 08 Februari 2023 - 11:02 WIB
loading...
KPK Tegaskan Tidak Ada Janji Khusus Bawa Lukas Enembe Berobat ke Singapura
Tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe menuju mobil tahanan usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (30/1/2023). FOTO/MPI/ALDHI CHANDRA
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menegaskan tidak pernah ada janji khusus membawa Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe berobat ke Singapura. Janji itu kabarnya disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri saat mendatangi Lukas di Papua.

"Kami tegaskan tidak ada janji dari KPK secara khusus kepada tersangka agar bisa berobat ke Singapura. Karena sekali lagi, pertemuan di Papua dalam proses penyelidikan dilakukan secara terbuka tidak ada pembicaraan secara khusus," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (8/2/2023).

Ali menjelaskan, pertemuan Firli Bahuri dengan Lukas Enembe di Papua dalam rangka proses penegakan hukum, yakni pemeriksaan tersangka. Pertemuan tersebut juga terbuka dan disaksikan oleh banyak pihak, termasuk diliput oleh media.



"Saat itu ada pihak eksternal juga dari Polda, dari BIN daerah, dari IDI, ada keluarga juga dari tersangka LE. Tidak ada permintaan-permintaan khusus apalagi kemudian menjanjikan untuk berobat ke Singapura," katanya.

Untuk diketahui, Lukas sempat menuliskan surat dengan tulisan tangan yang ditujukan kepada Ketua KPK Firli Bahuri. Dalam surat itu, Lukas meminta kepada Firli untuk diizinkan berobat ke Singapura. Lukas mengklaim kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

Ali membenarkan KPK telah menerima surat tulisan tangan Lukas Enembe. Surat tersebut telah ditindaklanjuti. Namun memang, kata Ali, tidak ada kondisi yang mengkhawatirkan dari Lukas Enembe untuk kemudian dibawa ke Singapura.

"Bahwa dia punya riwayat penyakit, betul, tapi kemudian kedaruratan dari penyakitnya itu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun demikian tentu kami ini penegak hukum, untuk kemudian bisa memastikan terkait dengan kesehatannya LE maka kami harus melakukan koordinasi," katanya.

Baca juga: KPK Sebut Tim Dokter Periksa Kesehatan Lukas Enembe 4 Kali Sehari

KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur. Lukas ditetapkan sebagai tersangka suap bersama Bos PT Tabi Bangun Papua (PT TBP), Rijatono Lakka (RL).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)