Jadi Ketua ASEAN, Indonesia Gunakan 3 Pendekatan untuk Atasi Masalah di Myanmar

Sabtu, 04 Februari 2023 - 01:07 WIB
loading...
A A A
Ketiga, ASEAN akan terus bersinergi baik dengan negara tetangga, negara yang bersangkutan, maupun utusan khusus PBB dan negara-negara lainnya. "Semua anggota selama working lunch memberikan dukungan penuh mereka untuk pendekatan Indonesia dalam menangani situasi di Myanmar,"tuturnya.

Selama working lunch, para Menlu ASEAN juga bersepakat untuk mendorong kemajuan signifikan dalam implementasi 5PC yaitu dengan cara membuka dialog nasional yang inklusif di Myanmar. Dialog nasional yang inklusif merupakan kunci untuk menemukan solusi damai atas situasi di Myanmar

Selain itu perlu diciptakannya lingkungan yang kondusif untuk dialog inklusif, dengan mengurangi kekerasan, dan memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan tepat waktu dan tanpa hambatan.

"Selama working lunch, para menteri luar negeri menegaskan kembali pendekatan persatuan, saya ulangi, pendekatan persatuan (united approach) dalam menangani situasi di wilayah Myanmar melalui 5PC,"tuturnya.

Sebagai informasi, AMM Retreat dilanjutkan dengan ASEAN Coordinating Council (ACC) ke-32. Kemudian dalam rangkaian pertemuan ini, akan dibahas beberapa agenda, termasuk diantaranya prioritas Keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan 41 di 2022.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)