Gerindra Pertimbangkan Beri Dukungan Kaesang Bila Berniat Maju Pilwalkot Solo

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:10 WIB
loading...
Gerindra Pertimbangkan Beri Dukungan Kaesang Bila Berniat Maju Pilwalkot Solo
Partai Gerindra mempertinbangkan bakal memberi dukungan kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep jika berniat maju di Pilwalkot Solo. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra mempertinbangkan bakal memberi dukungan kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep jika berniat maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan setiap warga negara mempunyai hak konstitusional untuk maju sebagai kepala daerah. Hak itu dinilai dapat diberikan bila memenuhi persyaratan.



Dia pun menegaskan bahwa posisi Partai Gerindra tidak untuk mendekati atau menawarkan maju kepada Kaesang di Pilwalkot Solo. "Tetapi kan nanti kalau memang ada keseriusan untuk maju, namanya politik tentunya ini kan akan menjadi pertimbangan-pertimbangan bagi masing-masing partai politik, termasuk partai Gerindra," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Baginya, Partai Gerindra terbuka bagi siapa pun yang ingin maju mencalonkan diri sebagai kepala daerah. "Ya kalau kita kan memang pakai terbuka kan gitu," tandas Dasco.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep mengaku tertarik untuk terjun ke dunia politik. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh kakaknya sendiri, Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai di Balai Kota Solo.

Gibran menyebut jika Kaesang telah menyampaikan ketertarikannya untuk terjun di dunia politik kepada dirinya dan Jokowi. Keinginan itu Kaesang lontarkan saat Jokowi tengah berada di Solo, Senin 23 Januari 2023.

"Tapi mungkin kemarin malah yang kami bicarakan di meja makan adalah Kaesang. Dia secara terbuka menyampaikan ke saya dan bapak tentang ketertarikannya di dunia politik," ujar Gibran.

Mendengar pernyataan itu, Girban mengaku terkejut karena baru pertama kali mendengar bahwa Kaesang tertarik masuk politik. "Saya baru dengar kemarin. Saya ya kaget, tenan pora," ungkap Wali Kota Solo itu.

Presiden Jokowi juga membenarkan Kaesang Pangarep bicara langsung ingin terjun ke dunia politik. Ia pun memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memutuskan pilihan dalam hidupnya.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka. Saya tidak mempengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi usai acara pembukaan KTT ASEAN di Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)