Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Terjun ke Politik

Minggu, 29 Januari 2023 - 11:42 WIB
loading...
Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Terjun ke Politik
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bersiap mengikuti acara wilujengan atau selamatan menjelang resepsi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022). FOTO/ANTARA/Maulana Surya
A A A
JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tertarik terjun ke dunia politik mengikuti jejak ayah dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka . Keinginan itu pun sudah diutarakan langsung kepada sang ayah, Jokowi.

Hal ini diungkapkan Jokowi kepada wartawan usai acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI Jakarta, Minggu (29/1/2023). Para jurnalis menanyakan kepada Jokowi perihal kabar Kaesang ingin terjun ke dunia politik.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka. Saya tidak memengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi.

Baca juga: PKB Siap Tampung Kaesang Terjun di Politik

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, anak bungsunya sudah dewasa dan memiliki keluarga. Karena itu, Jokowi tidak akan memengaruhi apa pun keputusan Kaesang.

"Karena mereka sudah punya keluarga sendiri, harus bertanggung jawab, harus bisa memutuskan sendiri, dan saya tidak akan ikut-ikut," ujar Jokowi.

Ketertarikan Kaesang terjun ke politik awalnya diungkapkan sang kakak yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai di Balai Kota Solo, Selasa (24/1/2023). Menurut Gibran, keinginan Kaesang itu lontarkan saat Jokowi berada di Solo pada Senin, 23 Januari 2023.

"Tapi mungkin kemarin malah yang kami bicarakan di meja makan adalah Kaesang. Dia secara terbuka menyampaikan ke saya dan bapak tentang ketertarikannya di dunia politik," ujar Gibran.

Mendengar pernyataan itu, Girban mengaku terkejut karena baru pertama kali mendengar bahwa Kaesang tertarik masuk politik. "Saya baru dengar kemarin. Saya ya kaget, tenan pora (beneran atau tidak)," ujarnya.

Menurut Gibran, Jokowi juga kaget mendengar pernyataan tersebut. "Bapak juga kaget. Lha biasanya tidak pernah bicara seperti itu," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)