Bukti Kesiapan Qatar di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 - 09:23 WIB
Ini cukup masuk akal karena dari sisi nilai pemain, banyak dari mereka yang berpartisipasi berstatus sebagai bintang yang memiliki nilai kontrak luar biasa besar. Sebut saja penyerang Prancis Kylian Mbappe yang punya nilai pasar 160 juta euro. Kemudian, ada pula bintang Real Madrid yang membela Brasil, Vinicius Junior, yang nilai pasarnya 120 juta euro, tertinggi di antara para pemain brasil lainnya.

Di luar anggaran pengamanan tersebut, alokasi belanja Pemerintah Qatar pada ajang piala dunia ini digunakan membangun infrastruktur pendukung, seperti jaringan transportasi umum metro atau kereta bawah tanah di Doha dan sekitarnya. Lalu, ada juga bandara baru yang dibangun, jalan raya, serta lebih dari 100 hotel, dan jaringan telekomunikasi. Beberapa sumber berita menyebutkan, untuk fasilitas pendukung itu, investasi yang dikeluarkan Rp557 triliun.

Melihat nilai investasi yang dikeluarkan Qatar, sungguh bukan komitmen ‘kaleng-kaleng’ dalam menyambut hajatan besar itu. Namun, tentu saja otoritas di negara itu sudah menghitung cermat bagaimana dana sebesar itu bisa ‘balik modal’. Dalam arti, apa yang dikeluarkan selama 12 tahun sejak ditunjuk menjadi tuan rumah, merupakan investasi yang dimaksudkan untuk jangka panjang.

Apa yang dilakukan Qatar bisa menjadi gambaran bagaimana keseriusan pemerintah mereka dalam upaya meningkatkan citra bangsa di masa mendatang. Jika ada keuntungan material dari ajang tersebut, tentu itu adalah bonus kerja keras mereka selaku penyelenggara.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More