Deretan Kiai Bergelar Pahlawan Nasional, Ada Pendiri NU dan Muhammadiyah

Selasa, 08 November 2022 - 13:18 WIB
2. KH Ahmad Dahlan



KH Ahmad Dahlan adalah pahlawan nasional yang memiliki jasa besar pada bangsa. Ia merupakan seorang yang mempelopori kebangkitan umat Islam untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa terjajah yang harus banyak belajar.

KH Ahmad Dahlan adalah pendiri Muhammadiyah, organisasi Islam yang berjasa dalam memberikan ajaran Islam pada bangsa. Melalui Muhammadiyah, yang ia dirikan di tengah kondisi umat Islam yang saat itu banyak mempraktikkan amalan bernuansa mistik, KH Ahmad Dahlan mengajak rakyat untuk kembali kepada ajaran Islam yang murni.



KH Ahmad Dahlan lahir pada 1 Agustus 1868 dan wafat pada 23 Februari 1923. Dengan berbagai jasanya pada dunia pendidikan dan agama, KH Ahmad Dahlan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 657 Tahun 1961.

3. KH Abdul Wahid Hasyim



KH Abdul Wahid Hasyim merupakan sosok kiai yang mendapat gelar Pahlawan Nasional. KH Abdul Wahid Hasyim lahir pada 1 Juni 1914 dan wafat pada 18 April 1953.

Ia merupakan anak dari Muhammad Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan juga Pahlawan Nasional. Sejak kecil, Abdul Wahid tumbuh di lingkungan yang agamis. Ketika usia 7 tahun, ia sudah berhasil mengkhatamkan Al-Qur'an. Abdul Wahid juga menuntut ilmu di beberapa pondok pesantren.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More