Hasil Penelitian Sebut Zat Kimia BPA Dapat Bermigrasi ke Air dalam Suhu Ruangan

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:56 WIB
Kelompok lingkungan dan kesehatan masyarakat Amerika Serikat mendesak US Food and Drug Administration agar memperketat kandungan Bisphenol A pada plastik yang bersentuhan dengan makanan. Dalam petisi yang dilancarkan pada 27 Januari 2022 menyatakan BPA dapat berbahaya kendati masyarakat terpapar dalam jumlah jauh di bawah batas toleransi.

Sementara, European Food Safety Authority (EFSA) terus memperketat Tolerable Daily Intake (TDI) BPA. Pada 2015, TDI BPA sebesar 4 mikrogram/Kg berat badan manusia per hari. Maksudnya, batas toleransi yang diizinkan senyawa BPA masuk ke dalam tubuh berdasarkan berat badan manusia adalah 4 mikrogram tiap kilogram berat badan manusia.

Akan tetapi TDI BPA pada 2021 menjadi sangat ketat yaitu hanya 0,00004 mikrogram / kg berat badan manusia/ hari. Artinya hanya dalam kurun waktu 6 tahun telah terjadi pengetatan sebesar 100 ribu kali lipat lebih ketat.

Karena sudah ada temuan oleh BPOM di enam kota besar di Indonesia yakni, Medan, Manado, Bandung, Jakarta, Banda Aceh dan Aceh Tenggara bahwa kandungan BPA telah melampaui ambang batas yang ditentukan berdasarkan riset yang dilakukan sepanjang 2021 - 2022. Maka BPOM akan segera melabeli galon guna ulang berbahan PC demi melindungi kesehatan masyarakat.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More