Ini 3 Periode Presiden Indonesia dengan Jumlah Utang Luar Negeri Terbanyak

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:10 WIB
erdapat sejumlah periode Presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah periode Presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak. Indonesia diketahui telah memiliki kaitan dengan utang luar negeri sejak lama, termasuk pada era Presiden Soekarno.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, datangnya utang kala itu berasal dari salah satu kesepakatan dalam Konferensi Meja Bundar yang dilakukan bersama Belanda.

Baca juga : Utang dalam Membangun Negeri

Kala itu, Belanda memberi syarat pengakuan kedaulatan berupa tanggungan utang zaman Hindia Belanda sekitar USD1,13 miliar. Untuk memenuhinya, Presiden Soekarno kala itu mencoba mencari pinjaman ke negara lain serta IMF.

Di akhir kepemimpinannya, orde lama tercatat mewariskan utang luar negeri sekitar USD2,4 miliar atau setara dengan 24 persen PDB kala itu.



Seiring waktu, pusaran utang luar negeri di Indonesia terus berlanjut di era Presiden setelahnya. Bahkan, besarannya pun diketahui semakin bertambah.

Berikut tiga periode presiden Indonesia dengan jumlah utang luar negeri terbanyak :

1. Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo tercatat sebagai Presiden Indonesia yang ke-7. Mantan Gubernur DKI ini mulai memimpin tanah air sejak tahun 2014 hingga sekarang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More