Mengantisipasi Kenaikan Suku Bunga Acuan BI

Selasa, 30 Agustus 2022 - 21:01 WIB
Hal ini tentu akan semakin mempersulit debitur-debitur tersebut sehingga berpotensi untuk menaikkan kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) perbankan.

Imbas kenaikan suku bunga acuan BI lainnya dirasakan oleh pemerintah melalui suku bunga utang pemerintah yang semakin naik. Salah satu variabel penentu suku bunga utang pemerintah di Surat Berharga Negara (SBN) ialah suku bunga acuan BI.

Dengan kenaikan suku bunga BI ini, suku bunga SBN pemerintah akan ikut naik sehingga pemerintah harus membayar imbal hasil SBN ke investor lebih mahal.

Lalu bagaimana dampaknya kepada masyarakat? Kenaikan suku bunga acuan ini justru akan paling dirasakan oleh masyarakat awam lantaran masih bergantung pada utang.

Suku bunga kredit perbankan akan naik menyesuaikan suku bunga acuan yang naik 25 basis poin dari 3,5% menjadi 3,75%. Tidak hanya harus menanggung beban bunga yang bertambah, masyarakat juga semakin tertekan lantaran biaya hidup yang naik karena tingkat inflasi tinggi.

Selain itu, potensi masyarakat ke depannya menahan anggaran belanja. Itu artinya, keinginan untuk menggairahkan daya beli bisa kembali tertekan.

Baca Juga: koran-sindo.com
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More