Ruang Tumbuh Pendidikan

Kamis, 25 Agustus 2022 - 17:15 WIB
Anggi Afriansyah (Foto: Ist)
Anggi Afriansyah

Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Riset Kependudukan BRIN



EXTRAORDINARY
Attorney Woo
(2022) menjadi salah satu drama asal Korea Selatan yang sedang menarik minat para pecinta drama Korea (drakor). Mengapa drama ini menarik? Pertama, drama ini menyajikan kisah Woo Young-Woo (Park Eun-Bin), pengacara pintar, yang merupakan penyandang autism, dalam menangani kasus-kasus di pengadilan.

Secara cerdas dan jenaka Woo Young-Woo menyelesaikan satu per satu kasus yang ditanganinya. Ada juga situasi di mana para penonton disajikan betapa penyandang autisme harus menghadapi berbagai prasangka dan persoalan yang tidak mudah dihadapi.



Kedua, drama ini menampilkan beberapa kasus yang dapat menjadi hiburan sekaligus pencerahan. Dalam proses ini kita dapat menyaksikan bagaimana drakor berhasil menyajikan perspektif tentang situasi harian yang dihadapi masyarakat Korea. Isu tentang perundungan, cekcok akibat warisan, isu hak cipta, isu pengambil alihan tanah untuk pembangunan, pendidikan yang menuntut kompetisi, dan kasus-kasus lainnya.

Cerminan Realitas

Dalam beberapa hal, meskipun tentu konstruksi drama pasti imajinasi sang penulis skenario, apa yang disampaikan dalam drama tersebut menarik untuk ditelaah dan dalam beberapa aspek menjadi cerminan realitas keseharian.

Dalam konteks pertama, informasi memadai mengenai para penyandang autisme masih perlu terus disampaikan ke publik. Dan, dalam kehidupan keseharian kita masih menyimpan banyak prasangka dan memarjinalkan para penyandang autisme.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More