Bentuk Ancaman Negara, dari Agresi sampai Teknologi Informasi

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 05:15 WIB
Spionase adalah kegiatan memata-matai dengan tujuan mencari informasi sebanyak mungkin, dalam bentuk apa pun untuk menemukan kelemahan sebuah negara. untuk mencari atau memperoleh dokumen rahasia yang diinginkan oleh negara lain. Aksi spionase sangat tertutup dan sangat jarang diketahui.

6. Sabotase

Sabotase adalah tindakan merusak instalasi serta objek vital untuk menimbulkan kekacauan. Sabotase dilakukan dengan senyap, tersembunyi, dan terencana dan dapat menimbulkan efek psikologis yang besar.

7. Perang Saudara

Perang saudara adalah pertikaian antarkelompok masyarakat dengan menggunakan senjata. Indonesa pernah mengalami perang saudara di sejumlah tempat, yang dipicu sentimen agama di Ambon.

Ancaman Non-Militer

1. Ideologi

Ancaman ini mengancam ideologi negara Pancasila yang secara langsung mengancam keutuhan negara. Ideologi yang mengancam itu di antaranya komunisme-sosialis dan liberalisme-kapitalis.

2. Politik

Ancaman politik bisa dilakukan untuk memberikan tekanan politik terhadap suatu negara. Pengalaman sejarah mencatat ancaman politik bisa menumbangkan rezim pemerintahan suatu negara.

3. Ekonomi

Kondisi ekonomi suatu negara menentukan kekuatan pertahanan negara itu. Karenanya ancaman ekonomi juga berpengaruh terhadap keutuhan dan eksistensi sebuah negara. Ancaman berdimensi ekonomi dibagi atas internal seperti inflasi, pengangguran, dan sebagainya dan eksternal berupa kinerja ekonomi yang buruk, daya saing rendah, ketergantungan kepada negara lain dan siap menghadapi era globalisasi.

4. Sosial Budaya

Ini merupakan ancaman berupa isu-isu sosial seperti kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan dan ketidakadilan yang rentan memicu terjadinya konflik horizontal maupun vertikal.

5. Teknologi Informasi
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More