Mencoklit di Masa Covid

Jum'at, 26 Juni 2020 - 12:42 WIB
Sekadar sehat pun tidak cukup, dalam SE 20/2020, pada poin 3 diatur kewajiban setiap PPDP yang turun harus memakai alat pelindung diri berupa masker, sarung tangan sekali pakai, dan pelindung wajah (face shield). Dalam beriteraksi dengan pemilih diwajibkan menjaga jarak minimal satu meter, tidak berjabat tangan dan menghindari sentuhan fisik, meminta warga yang dicoklit untuk memakai masker, menggunakan alat tulis masing-masing, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di setiap kesempatan, membawa hand sanitizier dan memastikan suhu tubuh dalam kondisi normal.

Semua ketentuan baku protokol kesehatan penanganan Covid-19 tersebut sudah detil tertulis. Tinggal bagaimana setiap petugas menerapkannya secara disiplin dan diawasi dengan ketat. Ini semua demi meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu dan khawatir saat dicoklit. Sebelum memulai tahapan mencoklit, KPU Kota Medan sudah melakukan koordinasi terus-menerus ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemko Medan. Begitu juga dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah diminta untuk berkoordinasi dengan gugus tugas kecamatan. Koordinasi tersebut penting dilakukan agar dapat memetakan kondisi masyarakat di kawasan atau lingkungan yang akan dicoklit terkait dengan ada tidaknya warga yang sedang menjalani karantina mandiri karena berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau orang dalam pemantauan (ODP). Selain untuk kepentingan pemetaan, juga untuk memastikan bahwa setiap kegiatan tahapan pemilihan sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Kita tidak bisa menafikan ada rasa cemas dan khawatir dalam menjalankan setiap tahapan pemilihan di masa pandemic Covid-19 yang masih terus mewabah. Namun rasa itu tidak boleh mendominasi di dalam tubuh dan pikiran, karena secara psikologis akan berdampak pada imunitas.

KPU yakin dan percaya, sesulit apapun tantangan dan kondisi yang ada, akan dapat dilalui selama direncanakan dengan matang dan dilaksanakan dengan disiplin yang ketat. Serta tidak lupa untuk berdoa terus-menerus tanpa terputus agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT, Tuhan YME. Salam sehat dan tetap berintegritas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ras)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More