Picu Disintegrasi Bangsa, Waspadai Ancaman Non-Militer

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:04 WIB
Ancaman sosial budaya juga bisa muncul akibat sikap intoleransi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Sikap tersebut dapat memicu terjadinya konflik horizontal bernuansa agama, suku, dan ras (SARA).

Selain itu, penetrasi nilai-nilai budaya dari luar negeri yang sulit dibendung menyusul pesatnya perkembangan teknologi informasi memicu terjadinya benturan budaya dan nilai-nilai di masyarakat. Salah satunya sikap individualisme yang merusak budaya gotong royong di masyarakat.

Ancaman Teknologi Informasi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang begitu pesat selain membawa manfaat bagi masyarakat juga membawa dampak negatif. Salah satunya aksi kejahatan siber dan kejahatan perbankan.

Wakil Kepala BSSN Komjen Pol. Sutanto menyebut, setiap hari rata-rata hampir ada 7 juta sampai 10 juta ancaman di internet yang masuk ke kementerian, lembaga maupun di perusahaan-perusahaan.

Ancaman Keselamatan Umum

Secara geografis, Indonesia berada di daerah rawan bencana seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, erupsi gunung merapi. Apalagi, Indonesia berada di ring of fire.

Selain bencana alam, ancaman keselamatan umum lainnya adalah, penggunaan obat-obatan, bahan kimia psikotropika dan keamanan transportasi. Kebutuhan masyarakat yang tinggi akan transportasi seringkali membuat penyedia jasa mengabaikan aturan keselamatan. Korlantas Polri mencatat pada 2021, sebanyak 25.226 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More