Luhut Ngaku Terpapar Omicron saat Kunjungan Kerja ke Amerika

Senin, 09 Mei 2022 - 16:37 WIB
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengaku terpapar Omicron saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa dirinya terpapar virus Covid-19 varian Omicron saat kunjungan kerja ke Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. Tak hanya dirinya tapi juga anggota rombongan.

"Kemarin saya ke Amerika ya, rame-rame kita kena Omicron di sana," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (9/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Luhut mengingatkan bahwa potensi kenaikan kasus Covid-19 masih bisa terjadi. Bahkan, di Amerika saja tiba-tiba melonjak 100.000 kasus per hari. Apalagi, kata Luhut, hingga hari ini kondisi dan situasi pandemi Covid-19 dalam kondisi yang begitu baik.

"Bila dilihat secara nasional, sudah 25 hari berturut-turut kasus harian kita berada di bawah 1.000 dan hari berturut-turut kasus harian di bawah 500," katanya.

Luhut mengatakan bahwa rawat inap secara nasional juga terus turun hingga 97%. Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya 2% dari keseluruhan bed yang tersedia. Kemudian, kasus kematian turun hingga 98% yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7%.



"Berdasarkan data-data di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri hingga saat ini masih terkendali," papar Luhut.

Baca juga: Luhut: Tak Ada Lagi Daerah Level 4 PPKM Jawa Bali

Namun, Luhut mengingatkan agar tidak jumawa dengan kondisi kasus Covid-19 di Indonesia yang terus membaik. "Kita tidak bisa jumawa dengan ini, anything could happen," katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More