Sahabat Sejati Saya

Jum'at, 01 April 2022 - 13:41 WIB
Kanasugi Kenji (Foto: Ist)
Kanasugi Kenji

Duta Besar Jepang untuk Indonesia

“Dokter! Bapak ini, Duta Besar Jepang lho! Saya pernah melihat beliau di IG! Saya follow akunnya juga”.

Ini diucapkan oleh perawat ketika melihat wajah saya di rumah sakit, setelah mengalami cedera kaki ketika berolahraga di hari libur. Akun Instagram saya pun digunakan sebagai pengganti bukti identitas. Hal lain yang membuat saya gembira adalah ketika ada yang menyapa dan meminta berfoto bersama saat saya keluar makan siang di restoran dengan para lokal staf.

“@jpnambsindonesia”



Apakah para pembaca pernah melihat nama akun Instagram ini?

Sebetulnya, saya memiliki akun Instagram dalam kapasitas sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Melalui akun ini, saya mem-posting soft diplomacy seperti budaya kuliner Indonesia-Jepang dan pertukaran antarwarga, serta sisi hard diplomacy seperti kerja sama ekonomi dan lain-lain.

Pesan yang ingin saya sampaikan melalui interaksi SNS (media sosial) seperti ini adalah, bahwa bagi saya, orang Indonesia merupakan “sahabat sejati”. Telah lebih dari 60 tahun berlalu sejak penandatanganan perjanjian perdamaian pada 1958 antara Jepang-Indonesia dan penetapan hubungan diplomatik. Dalam kurun waktu tersebut, selain mengapresiasi sahabat-sahabat Indonesia yang telah kami kenal sejak lama dan juga menjalin hubungan baik dengan Jepang, saya berharap dapat bertemu sahabat-sahabat baru. Melalui Instagram inilah, hati kita saling terhubung.

Dalam pembahasan yang sedikit lebih serius, maka seiring dengan perkembangan globalisasi dan teknologi IT, SNS telah menarik perhatian yang lebih besar daripada sebelumnya sebagai metode penting bagi jembatan penghubung hati ke hati antara berbagai orang di seluruh dunia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More