Konfirmasi Pemecatan Terawan Batal, IDI Tak Penuhi Panggilan Komisi IX DPR Ada Apa?

Selasa, 29 Maret 2022 - 21:56 WIB
Seperti diketahui, IDI baru saja memecat Dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Komisi IX DPR membatalkan agenda rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ). Sedianya, rapat tersebut digelar pada Selasa (29/3/2022) siang. Seperti diketahui, IDI baru saja memecat Dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI .

Baca juga: Profil Dokter Terawan: Dicopot dari Menkes, Gagas Vaksin Nusantara hingga Dipecat IDI

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafiroh menyampaikan, komisinya telah menerima surat dari IDI. Surat tersebut berisikan permohonan maaf karena tak bisa memenuhi undangan rapat.

"Sehubungan dengan surat DPR tanggal 28 Maret kemarin, rapat dengar pendapat umum pada hari Selasa 29 Maret, maka kami mohon penundaan dari pimpinan Komisi IX DPR, karena saat ini kami sedang menyelesaikan dokumen dan berkas hasil Muktamar IDI ke-31 yang telah diselengarakan tanggal 22-26," kata Nihayatul saat membacakan surat balasan dari IDI.

Menanggapi surat tersebut, dia menyatakan bahwa komisinya kecewa atas permintaan penundaan rapat tersebut. Padahal, rapat yang diagendakan juga tidak akan memakan waktu yang lama.



Bahkan, komisinya juga sempat menawarkan agar rapat digelar Rabu (30/3/2022) besok. Sayangnya, IDI mengaku pimpinannya masih banyak yang belum tiba di Jakarta selepas selesai acara muktamar di Aceh.

"Mereka minta Kamis, tapi Kamis kita sudah ada agemda dengan Menkes, karena ada panja vaksin yang ditunggu masyarakat, dan siangnya kita ada rapat dengan BPJS kesehatan, ini juga penting. Jadi kita sudah enggak ada waktu lagi," ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR, Ratu Ngadu Bonu Wulla menyampaikan, salah satu yang menjadi agenda utama pembahasan dalam rapat ini adalah menanyakan ihwal tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) dari lembaga IDI itu sendiri.

"Kami akan mendengar penjelasan IDI terkait dengan tugas dan fungsi IDI. Nanti kami mau dengar dulu seperti apa, tugas dan fungsi daripada IDI," kata Ratu di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More