Jokowi Sebut Pusat Pemerintahan Jadi Prioritas Pembangunan Ibu Kota Baru

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:35 WIB
Presiden Jokowi mengatakan pusat pemerntahan menjadi bangunan pertama yang akan dibangun di ibu kota baru. Foto/setpres
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan bahwa pihaknya bakal membangun kawasan inti pusat pemerintahan terlebih dahulu pada pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Selain pembangunan itu, pemerintah juga akan melakukan revitalisasi dan reboisasi hutan.

"Rencana pembangunan ikn nusantara akan dimulai pada tahap pertama di kawasan inti pusat pemerintahan dan diawali dengan merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu. Diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, dan perumahan beserta sarana dan prasarananya," ujar dalam acara Beranda Nusantara yang ditayangkan YouTube Radio Republik Indonesia (RRI), Rabu (23/2/2022).



Jokowi menyadari bahwa banyak aspirasi dan tingginya harapan masyarakat untuk IKN Nusantara. Hal itu pun dijadikannya sebagai pekerjaan besar bersama yang membutuhkan kontribusi. Hal itupun harus didukung semua pihak terutama sumbangsih anak bangsa

"Peranan dan kerja sama bagi kita semua juga dibutuhkan pendekatan non-business as usual, kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insiyur, ahli lingkungan, sosial-ekonomi, budayawan, seniman dan pakar-pakar lainnya yang bisa bekerja secara terintegrasi, multi-disipliner dan melibatkan pemikiran dan solusi terbaik, baik oleh anak-anak bangsa maupun sumbangan dari masyarakat dunia," jelasnya.



"IKN Nusantara ini merupakan pekerjaan besar bangsa Indonesia yang nantinya akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi meyakini bahwa IKN Nusantara akan menjadi kota yang inklusif, kota yang terbuka, kota yang ramah untuk semua masyarakat Indonesia.

"Kota yang akan sangat ramah bagi semua lapisan masyarakat untuk hidup berdampingan, hidup rukun, hidup bersama-sama dan memiliki peluang yang sama untuk ikut serta membangun dan mengembangkan IKN Nusantara ini," jelasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(muh)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More