Betty Epsilon Idroos, Satu-satunya Perempuan yang Terpilih sebagai Anggota KPU 2022-2027

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:13 WIB
Betty Epsilon Idroos. Foto/Tangkapan layar
JAKARTA - Betty Epsilon Idroos menjadi satu-satunya perempuan yang terpilih sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2022-2027. Kuota perempuan 30 persen di KPU pun tak terpenuhi.

Diketahui, Betty merupakan satu-satunya calon dari kalangan perempuan yang dipilih Komisi II DPR. Enam calon lainnya yang ditetapkan Komisi II DPR menjadi anggota KPU 2022-2027 adalah Hasyim Asya'ri, Mochamad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melasz

Betty Epsilon Idroos lahir di Medan, 22 Maret 1979. Dia menamatkan S2 Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Saat ini, ia merupakan Ketua KPU DKI Jakarta 2018-2023. Dia telah menjadi komisioner KPU DKI Jakarta sejak 2013.

Betty juga pernah menjadi Tenaga Ahli Komisi II DPR RI (2009-2013) Bidang Kepemiluan dan Otonomi Daerah. Tak hanya itu, Betty juga pernah menjadi asisten peneliti di LP3ES, dan terlibat di Perkumpulan Demos dan UNFREL (University Network for Free and Fair Election).





Saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi II DPR, Senin (14/2/2022), Betty menegaskan dirinya tak ingin memanfaatkan kuota minimal keterwakilan perempuan untuk bisa menjadi komisioner KPU RI.

Kala itu, Betty ditanya Anggota Komisi II DPR Agung Widyantoro apakah dirinya berharap dengan kuota keterwakilan perempuan tersebut untuk bisa terpilih sebagai komisioner. Menjawab pertanyaan Agung, Betty justru memamerkan kemampuannya saat menjadi komisioner di KPU Provinsi DKI Jakarta.

Betty mengklaim, dirinya telah membawa kesuksesan penyelenggaraan sejak Pemilu 2014. "Saya menilai diri saya alhamdulillah sukses menyelenggarakan pemilu sejak 2014, saya punya kompetensi, insyaallah," kata Betty.

Soal kuota keterwakilan perempuan di KPU, Betty mengatakan,"Tentu kalaupun mendapatkan kuota atas nama perempuan itu adalah bonus yang bisa didapatkan dari Bapak Ibu."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More