Dinilai Layak, Ridwan Kamil Masuk Radar Jadi Calon Kepala IKN

Senin, 24 Januari 2022 - 18:04 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan kriteria calon kepala Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah pernah menjadi kepala daerah dan berlatar belakang keilmuan arsitek. Alhasil muncul sejumlah nama, yang dinilai memiliki kemampuan dari kriteria tersebut.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Pembangunan IKN Tak Hambat Penanganan Covid-19

Seperti nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama tiga tokoh lainnya yakni Menteri Sosial Tri Rismaharani (mantan Wali Kota Surabaya), Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Menanggapi prediksi tersebut, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, secara latar belakang keilmuan para kandidat terutama Ridwan Kamil memang layak.

Namun menurutnya, dalam konteks Kepala Otorita IKN Nusantara ini, tidak hanya bicara layak dan kompeten semata, namun ada aspek lain yang harus dilhat.



"Jika bicara dari aspek basic knowledge, kompetensi dan kapasitas memang Kang Emil layak dan mampu. Ada aspek-aspek yang juga penting, seperti politik," kata Adi Prayitno, Senin (24/1/2022).

Aspek politik sambung Adi, bisa dari sisi cantolan atau kedekatan politik. Hal itu cukup vital dalam pertimbangan Presiden Jokowi saat menentukan siapa yang akan ditunjuk dari nama-nama yang ada di bursa kandidat.

"Jadi memang batas-batasnya tidak hanya sebatas kecakapan atau kompetensi dengan latar belakang arsitek misalnya. Tapi lebih kompleks lagi, karena ada variabel lainnya misalnya background politik yang bisa menjadi pertimbangan juga," papar Adi

Menurut Adi, membuat ibu kota yang kinclong, modern, dan maju sesuai ekspektasi pasti akan berdampak pada portofolio politik kepala otorita IKN. Namun Adi juga mengingatkan, membangun ibu kota baru bisa jadi tidak mulus tuntas setahun dua tahun bahkan lima tahun.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More