Singkirkan Hambatan Investasi

Selasa, 21 Desember 2021 - 13:02 WIB
Investasi proyek infrastruktur tentu akan membuka banyak lapangan kerja di daerah. Berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja, yang perlu diingat pemerintah adalah pembangunan perlu dilakukan secara terpadu. Pembangunan kawasan industri harus berdekatan atau mempunyai akses yang mudah ke pelabuhan atau bandara. Termasuk jalan tol yang terkoneksi menjadi penting.

Tak kalah penting menarik investasi ke luar Jawa adalah peningkatan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyusun insentif pajak yang menarik bagi investasi. Apresiasi perlu diberikan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Misalnya, ada dana bantuan dari pusat jika program yang dijalankan berhasil.

Di sisi lain tentu pemerintah daerah juga perlu menyiapkan institusi di daerah. Misalnya memberikan informasi yang lengkap dan detail mengenai potensi investasi yang bisa dikembangkan. Lalu menyediakan alur yang sederhana bagi investor untuk memulai investasinya. Pemerintah daerah juga diimbau untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, khususnya terkait prosedur dan birokrasi perizinan. Hal lainnya yakni jaminan keamanan, baik dari pemda, kepolisian, maupun pihak terkait lainnya.

Tentunya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kata kunci bagi pemerataan investasi di Indonesia.
(bmm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More