Luhut Sebut Daftar Negara Catatan Varian Omicron Bisa Berkurang dan Bertambah

Minggu, 28 November 2021 - 21:42 WIB
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa negara-negara yang menjadi catatan ditemukan kasus varian Omicron bisa berkurang atau bertambah. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa negara-negara yang menjadi catatan ditemukan kasus varian Omicron bisa berkurang atau bertambah. Hal itu dikatakan Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa persnya, Minggu (28/11/2021) malam.

"List dari negara-negara tersebut bisa atau berkurang berdasarkan evaluasi secara berkala dari pemerintah," kata Luhut. Baca juga: Pemerintah Larang WNA 11 Negara Masuk Indonesia, WNI Wajib 14 Hari Karantina

Tak hanya itu, kata dia, Kemenkes juga akan melakukan tindakan genomic squencing, terutama dari kasus-kasus positif yang berasal dari riwayat perjalanan dari luar negeri untuk mendeteksi varian Omicron.

"Kami memperkirakan dengan kerja sama internasional yang baik 1-2 minggu ke depan untuk bisa memahami lagi bagaimana efek dari Omicron ini terhadap vaksin dan antibody yang terbentuk dari infeksi alamiah," jelas dia.

"Oleh karena itu, langkah-langkah pengetatan perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil pemerintah sebagai langkah waspada untuk mencegah menghambat varian Omicron ini ke Indonesia," tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More