Menpan RB Minta Penjadwalan Ulang SKD Tak Pengaruhi Tahapan Seleksi CPNS

Rabu, 22 September 2021 - 07:54 WIB
MenPANRB Tjahjo Kumolo berharap penjadwalan ulang SKD tidak memengaruhi tahapan CPNS. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN RB ) Tjahjo Kumolo mengonfirmasi adanya gangguan kabel bawah laut Telkom yang berdampak terhadap terganggunya pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS. Dia menyebut BKN telah menyampaikan penjelasan terkait hal ini melalui siaran pers kepada masyarakat.

Tjahjo mengatakan telah dilakukan penjadwalan ulang di sejumlah wilayah yang terdampak gangguan jaringan tersebut. Dia berharap penjadwalan ulang ini tidak mengganggu seluruh tahapan seleksi CPNS.

"Melakukan penjadwalan ulang bagi wilayah-wilayah terdampak. Penjadwalan ulang ini, diupayakan tidak terlalu menggeser jadwal keseluruhan," katanya, Rabu (21/9/2021).

Baca juga: Tes SKD CPNS di Sejumlah Lokasi Alami Kendala Teknis, Ini Penjelasan BKN





Tjahjo pun meminta Telkom bekerja keras untuk segera melakukan reroute terhadap jaringan telekomunikasi. Meskipun memang hasil reroute, ternyata belum menghasil optimalisasi jaringan.

"Oleh karena itu, untuk mengurangi beban telekomunikasi ke sistem, dilakukan beberapa hal yakni mematikan sementara fitur face recognition (ini last option). Lalu mengurangi beban streaming Youtube hasil seleksi ke DC BKN," ujarnya.

Sebelumnya Karo Humas BKN Satya Pratama mengatakan ada penjadwalan ulang SKD CPNS di sejumlah titik lokasi. Hal ini sebagai langkah antisipasi menindaklanjuti keterangan resmi PT Telkom Group perihal terjadinya kendala teknis berupa gangguan pada sistem komunikasi kabel bawah laut yang melalui Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, ruas Batam–Pontianak pada Minggu, 19 September 2021 pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP.

Baca juga: Waspadai Gangguan Jaringan, SKD CPNS Parepare Beralih Provider
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :