Hadapi Dampak Pandemi, Menpan RB Imbau Pemda Bangun Relasi Lintas Sektor

Kamis, 09 September 2021 - 21:14 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo memberikan sambutan pada Malam Inagurasi IVL Session VII dan VIII di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (9/9/2021). FOTO/MPI/IQBAL DWI PURNAMA
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) Tjahjo Kumolo mengajak para kepala daerah bersama-sama membangun relasi dengan berbagai pihak.

Menurutnya, menjadi pemimpin yang visioner, seseorang harus pandai membangun hubungan baik dengan berbagai kolega, teman, mitra hingga para penentang sekali pun. Hubungan tersebut akan berbuah manis untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Menpan RB dalam sambutannya pada Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) Session VII dan VIII.

Baca juga: Uji Strategi Daerah Tangani Pandemi, MPI Gelar IVL Season VII dan VIII





"Ini merupakan investasi yang luar biasa, karena di satu saat kita memerlukan bantuan mereka, mereka akan sukarela memberikan bantuannya kepada kita. Pola hubungan seperti ini akan sangat membantu pemimpin untuk membangun kolaborasi," kata Tjahjo Kumolo.

Menpan RB menambahkan, jika ada kolega yang ingin memperoleh bantuan dari para pemimpin daerah, sepanjang hal itu tidak menyalahi etika dan integritas birokrasi, maka sebaiknya berikan bantuan itu.

Selain itu, Tjahjo Kumolo juga mengajak pemimpin daerah untuk dapat selalu mengatakan "mengapa tidak" untuk ide-ide yang baru. Ide-ide baru, terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pemerintahan pada saat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: MPI Gelar Malam Inagurasi IVL Season VII dan VIII dengan Prokes Ketat
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :