Ini Daerah yang Dinilai Siap Laksanakan New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 22:33 WIB
"Penurunan jumlah kasus ODP dan PDP 2 minggu lebih dari 50%. Penurunan jumlah meninggal kasus ODP dan PDP, penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit, penurunan jumlah kasus ODP dan PDP dirawat di rumah sakit, kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif, kenaikan jumlah selesai pemantauan dari ODP dan PDP. R0 (rasio penularan) efektif kurang dari 1. Kemudian jumlah pemeriksaan spesimen meningkat dalam 2 minggu," paparnya.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa untuk daerah yang belum memiliki kasus positif perlu dipersiapkan fasilitas kesehatan dan simulasinya. Sementara untuk daerah yang R0nya sudah kurang dari 1 diharapkan bisa melakukan protokol untuk simulasi di lapangan sebelum membuka kegiatan.

"Kepala daerah dan forkopimda diharapkan juga bisa melakukan koordinasi dan menyusun protokol untuk uji coba di lapangan sebelum membuka kegiatan. Dan prasyarat kesehatan yang dikoordinasikan dan oleh menteri kesehatan dan gugus tugas menjadi prasyarat mutlak," katanya.

Airlangga menyebut ada beberapa daerah yang kasus Covid-19 relatif menurun. Di antaranya Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, DI Yogyakarya, Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Riau. Lalu Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Dan Kalimantan Barat.

Namun berdasarkan data Bappenas ada tujuh daerah yang dinilai siap membuka kegiatan. "Beberapa daerah sudah terindikasi siap yaitu Aceh, Riau, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, DKI Jakarta sesudah 4 Juni nanti. Kemudian Jawa Barat ada beberapa daerah. Jawa Barat PSBBnya sampai tanggal 29 Mei," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More