Vaksinasi 1- 2 Juta Sehari

Kamis, 01 Juli 2021 - 08:41 WIB
Tjandra Yoga Aditama. FOTO/Istimewa
Prof Tjandra Yoga Aditama

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/ Guru Besar FKUI,

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara dan Mantan Dirjen P2P & Ka Balitbangkes

Terus terang kita amat prihatin dengan lonjakan luar biasa kasus Covid-19 sekarang ini. Kasus baru per hari pernah 2.385 orang di pertengahan Mei 2021, dan dalam hitungan satu bulan saja melonjak sembilan kali lipat (hampir 10 kali lipat) menjadi 21.342 pada 27 Juni 2021.

Kita lihat rumah sakit penuh bahkan sampai sudah membuka tenda darurat, lahan pemakaman juga makin penuh serta makin banyaknya petugas kesehatan yang jatuh sakit, serta berbagai kejadian menyedihkan lainnya. Sambil tentunya sedang dilakukan upaya keras untuk mengendalikan keadaan--salah satu hal utama yang diperlukan adalah pembatasan sosial yang jauh lebih ketat lagi--ada berita yang cukup melegakan, yaitu tentang capaian vaksinasi yang sudah lebih dari 1 juta sehari.



Sindonews.com 27 Juni 2021 menuliskan “Rekor Baru! Vaksinasi Covid-19 Nasional Sentuh 1,3 Juta Per Hari”. Ini tentu hal yang patut diapresiasi dan harus terus dilanjutkan serta ditingkatkan. Untuk menunjang keberlangsungan suksesnya program vaksinasi ini maka ada setidaknya empat hal yang patut jadi perhatian.

Ketersediaan vaksin

Pertama tentu adalah jaminan ketersediaan vaksin. Kita sudah tahu sejak awal bahwa jumlah vaksin yang tersedia tidaklah sepadan dengan jumlah penduduk dunia yang membutuhkannya.

Di pihak lain, ada beberapa negara tertentu yang terus mengejar tingginya cakupan vaksinasi di negaranya tetapi di sisi lain cukup banyak juga negara di dunia yang cakupan vaksinasinya masih amat rendah karena tidak kebagian vaksin dalam jumlah yang cukup. Sebenarnya setidaknya empat sumber suatu negara untuk dapat memperoleh vaksin Covid-19.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More