Megawati Soekarnoputri Diplot di BRIN, Mardani PKS Nilai Bukan Contoh Baik

Senin, 03 Mei 2021 - 15:32 WIB
Lebih lanjut dia mengatakan, sebuah negara yang maju bukan capitalnya yang banyak, tapi knowledgenya yang diperbanyak. "Karena mereka meyakini pada saat knowledge ini terakumulasi dengan baik, maka investasi akan datang. Jadi bukan investasi dulu baru knowledge yang datang," tuturnya.



Dia mengungkapkan pekerjaan rumah (PR) besar pemerintah barangkali mendesain riset itu sendiri. Artinya, lanjut dia, riset inovasi dan teknologi itu merupakan sesuatu yang jangka panjang.

"Tidak bisa disamakan seperti dagang. Lalu Indonesia mau dibawa seperti apa juga harus jelas, apa yang mau dikembangkan terlebih dahulu. Setiap tahun kita perlu memiliki target yang jelas," katanya.

Dia mengatakan, tidak ada sebuah negara yang besar, bisa maju ekonominya, bisa maju industrinya, bisa sejahtera masyarakatnya tanpa adanya riset. "Jadi hal yang utama ketika riset merupakan bagian dari sebuah proses pembangunan, bukan dikesampingkan paling akhir. Tapi bagaimana sebuah kebijakan atau sebuah proses pembangunan didasarkan pada penelitian," pungkasnya.
(muh)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More