Terlibat Penanggulangan dan Vaksinasi Covid-19, Inilah 7 Peran TNI

Sabtu, 30 Januari 2021 - 12:21 WIB
TNI turun memainkan peran dalam penanganan pandemi dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) berperan penting dalam penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasinya . Sejak awal pandemi merebak, prajurit telah terlibat aktif dalam menanggulani wabah ini. Mulai dari penjemputan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, hingga penyiapan tempat karantina dan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya akan selalu berada di garis depan penanganan pandemi corona. Puluhan ribu prajurit TNI juga telsh dikerahkan ke seluruh pelosok negeri untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes). Tugas TNI dalam penanggulangan wabah merupakan implementasi dari Operasi Milter Selain Perang (OMSP) sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Hadi mengakui virus corona belum dapat dikendalikan di Tanah Air. Hal itu didasari fakta bahwa angka penularan wabah ini terus meningkat. Semisal pada 20 hingga 29 Januari 2021 terdapat lebih dari 12 ribu kasus positif baru setiap harinya. Kemudian pada 26 Januari 2021 jumlah kasus positif covid menembus angka psikologis satu juta. Kenaikan jumlah kasus tersebut diikuti lonjakan angka kematian.

"Sesuai data dari WHO jumlah kematian akibat covid di Indonesia dalam sepekan terakhir menjadi yang tertinggi di Asia dan berada pada urutan ke 12 di dunia. Fakta ini membuktikan bahwa pandemi masih belum dapat dikendalikan," kata Hadi dalam webinar dalam webinar 'Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit', Sabtu (30/1/2021).

(Baca: 738 Fasyankes Milik TNI Bertugas Melaksanakan Vaksinasi Covid-19)



Di tengah situasi mengkhawatirkan tersebut, pada awal 2021 harapan baru mulai muncul. Ya, vaksin Covid-19 telah tiba di Indonesia dan telah diproses oleh PT Bio Farma. Seiring berjalannya waktu, uji klinik fase akhir vaksin tersebut berhasil. Hal itu ditandai dengan terbitnya izin edar darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sejurus kemudian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa suci dan halal atas vaksin Sinovac Biotech Ltd tersebut.

Setelah mengantongi izin, pemerintah dibantu TNI, Polri, Satgas Covid-19 beserta stakeholder lainnya mulai mendistribusikan vaksin ke penjuru tanah air. Sejumlah persyaratan seperti penyediaan rantai dingin atau cold chain agar vaksin tak rusak juga sudah disiapkan. Pengawalan ketat dibantu dengan alutsista milik TNI juga dilakukan.

Proses penyuntikan vaksin kepada Presiden Jokowi, pejabat teras dan tenaga kesehatan mulai dilakukan. Namun di tengah prosesnya terjadi hambatan yang disebabkan oleh masifnya berita bohong atau hoaks tentang vaksin Covid-19. Hadi mengakui informasi sesat mengenai ini telah menghambat target vaksinasi kepada 181 juta warga Indonesia. Karena itulah dibutuhkan pendekatan dan kontra narasi yang lebih baik lagi agar perang informasi ini bisa dimenangkan.

(Baca: Panglima TNI Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Terkendali)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More