Semua Pasien Corona OTG Ditempatkan di RS Darurat Wisma Atlet Pademangan

Rabu, 23 Desember 2020 - 14:38 WIB
Koordinator RS Darurat Covid-19, Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono menegaskan semua pasien OTG Covid-19 (virus Corona) akan ditempatkan ke Wisma Atlet Pademangan. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
JAKARTA - Koordinator RS Darurat Covid-19, Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono menegaskan semua pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 (virus Corona) akan ditempatkan ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Pademangan.

(Baca juga: Paket Kepemimpinan Kemenkes Harus Bisa Rangkul Jajaran dan Fokus ke Corona)

Hal ini dikatakan Tugas Ratmono dalam 'Update RSDC: Libur Aman Tanpa Bepergian' dari Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Dia menegaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta terkait hal ini.

(Baca juga: UGM Ungkap Mutasi Corona D614G Gempur Indonesia Habis-Habisan)

"Tentunya kita sudah selalu koordinasi dengan dinas DKI katakanlah ya, kemudian dengan yang Tower 8, 9 di sana (Pademangan) ya. Kemarin dalam kesepakatan suatu rapat kemarin kita tentukan bawa nanti kita akan fokuskan yang OTG kira-kira di Tower 8 dan 9," kata Tugas.



(Baca juga: Virus Corona Bermutasi Lebih Lambat Dibanding Influenza, WHO Sebut Tak Pengaruhi Efektivitas Vaksin)

Sehingga kata dia, khusus RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran di Tower 4, 5, 6, dan 7 secara khusus difokuskan untuk pasien Corona dengan gejala. "Jadi kemudian yang bergejala difokuskan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang saat ini itu antara Tower 4, 5, 6 dan 7," tegasnya.

Namun Tugas mengatakan, hal ini jika RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran tingkat keterisiannya lebih dari 80%. "Dan ini suatu langkah yang kalau memang betul-betul, angkanya betul-betul di atas 80% di Tower yang saat ini kita pakai," tuturnya.

Sehingga, tegas Tugas, para tenaga kesehatan di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Pademangan fokus untuk merawat pasien Covid-19 yang tanpa gejala. Dan tenaga kesehatan di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran merawat pasien Corona dengan gejala.

"Sehingga, nanti kita harapkan itu akan terfokus untuk yang bergejala dan tanpa gejala betul-betul fokus dalam suatu pelayanan yang kita berikan," tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More