Syarat Utama Calon Kapolri Dekat Dengan Presiden dan Bisa Diatur

Minggu, 20 Desember 2020 - 20:55 WIB
Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin. Dok Sindonews
JAKARTA - Bursa pemilihan calon Kapolri terus bergulir. Sejumlah kalangan memprediksi siapa yang pantas menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada Februari 2021 mendatang.

(Baca juga : Mahkamah Agung Libatkan TNI untuk Amankan Sidang di Pengadilan )

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sampai saat ini belum juga memberikan rekomendasi nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) . Namun mereka mempunyai sejumlah catatan penting yang harus dimiliki calon Kapolri ke depan. Yakni track record, prestasi dan integritas.

(Baca Juga: Kompolnas Blak-Blakan, Ini Nama-Nama Calon Kapolri Yang Bakal Diserahkan ke Presiden)

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai, orang yang dipilih menjadi Kapolri adalah orang yang dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan kata lain, orang tersebut bisa mengamankan Presiden baik dari segi kebijakan maupun kasus hukum.



“Kalau saya melihat sederhana. Kapolri ini kan jabatan politis. Yang penting, calon tersebut punya chemistry atau kedekatan dengan Presiden dan bisa diatur. Soal kriteria A, B, C bahkan sampai melakukan melobi-lobi itu sah-sah saja dan itu nomor kesekian," kata Ujang saat dihubungi, Minggu (20/12/2020).

(Baca Juga: Miliki Syarat Ideal, Dua Orang Ini Disebut Kandidat Kuat Kapolri, Kabareskrim Bisa Kuda Hitam)

Menurut dia, selain Presiden, partai politik juga mempunyai kepentingan yang besar terhadap Kapolri. Terlebih mereka yang banyak terlibat kasus hukum sehingga Kapolri yang baru nanti tidak menganggu mereka. “Yang penting bisa mengamankan mereka dari kasus hukum, usaha dan kepentingan lainnya,” ungkap Ujang.

(Baca juga : Haikal Hassan Dipanggil Polisi, Fadli Zon Komentar soal Mimpi )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More