Prime Show Live di iNews dan RCTI+ Kamis Pukul 20.00: Vaksin Untuk Siapa?

Kamis, 17 Desember 2020 - 14:10 WIB
Saksikan Prime Show dengan tema pembahasan Vaksin Untuk Siapa?, Kamis 17 Desember 2020, pukul 20.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Foto/MNC Media
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan, vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun pada tahap pertama, vaksin akan diprioritaskan kepada kelompok tertentu di antaranya tim medis, TNI/Polri, aparat hukum, guru atau tenaga didik dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi, aparatur pemerintah pusat, serta peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) penerima bantuan iuran.

Minggu (6/12/2020) lalu, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech tiba di Jakarta. Untuk tahap awal, pemerintah merencanakan akan menginjeksi 600 ribu tenaga kesehatan melalui skema program vaksinasi pemerintah. (Baca juga:

Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Gratis)



Selain vaksin Sinovac Biotech , Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memesan lima jenis vaksin lain yaitu vaksin produksi PT Bio Farma, Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer Inc. and BioTech. Pemberian vaksin ini akan dilakukan setelah mendapat izin penggunaan ( Emergency Use Authorization / EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pemberian vaksin gratis ini dinilai sebagai langkah optimal untuk mempercepat herd immunity atau imunitas kelompok dan memastikan pandemi di Indonesia bisa segera diakhiri. Selain di Indonesia, beberapa negara seperti Arab Saudi, Jepang, Perancis juga memberikan vaksin Covid-19 secara gratis bagi warganya. (Baca juga: Tenaga Kesehatan Jawa-Bali Sasaran Pertama Vaksinasi)

Tidak hanya kepada warga negara tersebut, warga negara asing yang menetap di negara-negara itu juga mendapatkannya secara gratis. Dalam episode pekan ini, Kamis (17/12/2020), "Prime Show" akan membahasnya bersama seorang warga negara Indonesia (WNI) yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 di Abu Dhabi Uni Emirat Arab, juru bicara vaksin Covid-19 KPC-PEN, Anggota Komisi Kesehatan DPR RI, dan pakar sosiologi bencana yang juga dosen di NTU Singapura.

Saksikan selengkapnya "Prime Show" dengan tema pembahasan "Vaksin Untuk Siapa?" bersama Anisha Dasuki, Kamis 17 Desember 2020, pukul 20.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti pula program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More