BSSN Komitmen Dorong Keamanan Siber Ekonomi Digital

Senin, 14 Desember 2020 - 13:58 WIB
Untuk itu, dalam upaya mewujudkan siber yang aman di sektor ekonomi digital, BSSN menggandeng stakeholder lainnya seperti Bank Indonesia, OJK, dan Kementerian Kominfo saling berkoordinasi.

BSSN berperan dalam aspek IT Security. Sebagai inisiasi pembentukan framework ekonomi digital yang aman, perlu dilakukan identifikasi semua kerentanan yang ada dan analisis risiko pada sistem informasi yang digunakan, langkah awal tersebut menjadi salah satu tugas BSSN.

Salah satu metode yang diadopsi BSSN adalah penggunaan yaitu Indeks KAMI. BSSN mengajak semua pelaku ekonomi digital serta penyelenggara sistem dan transaksi elektronik untuk manfaatkan tools identifikasi kerentanan dan analisis risiko tersebut.

Dalam rangka mendorong keamanan ekonomi digital, BSSN juga menggelar workshop Penerapan Standar Algoritme Kriptografi untuk Sektor Ekonomi Digital yang bersifat Interoperabilitas. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginventarisasi informasi penerapan algoritme kriptografi penyelenggara sistem elektronik dalam rangka pembangunan crypto library BSSN.Penerapan Algoritme Kriptografi menjadi keharusan bagi semua penyelenggara sistem elektronik mengingat Kriptografi merupakan kunci dasar pengamanan informasi walaupun teknik pengamanan informasi akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(atk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More