Perlu Pendekatan Khusus bagi UMKM agar Bertahan di Tengah Pandemi

Jum'at, 20 November 2020 - 18:31 WIB
Kemudian sambung Ishak, partisipan lain dari seluruh Indonesia berkesempatan mengikuti bazaar online juga webinar tentang peran UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan secara live melalui Zoom, YouTube dan Facebook bersama Menteri Koperasi dan UKM, Bapak Teten Masduki, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Mohammad Rudy Salahuddin, juga perwakilan dari Sampoerna.

"Dinamika tantangan akibat pandemi yang masih terjadi hingga kini semakin memicu kami untuk terus melakukan langkah nyata dalam mendukung kemajuan kondisi Indonesia melalui program pengembangan kapabilitas UMKM secara berkelanjutan. Melalui rangkaian kegiatan Pelatihan dan Kejuaraan Festival #SampoernaUntukUMKM, kami berharap pelaku UMKM Indonesia dapat tetap produktif sekaligus berkembang dengan beradaptasi pada teknologi juga digital," ungkap Ishak.

Manajer Program BEDO, Jeff Kristianto menambahkan, sebagai tulang punggung, UMKM memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemandirian ekonomi kerakyatan, termasuk menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

"Maka perlu kolaborasi antara berbagai pihak termasuk pelaku usaha, komunitas, pemerintah, juga masyarakat luas. Karenanya kami terus memperkuat kemitraan bersama Sampoerna dalam melaksanakan program-program keberlanjutan khususnya pengembangan kapasitas UMKM di Indonesia," pungkasnya.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More