Penanganan Terkendala, Satgas Covid-19 Didorong Prioritaskan Langkah Ini

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 15:16 WIB
Namun, hal itu juga perlu komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menyediakan akses internet ke 2.500 dari 3.126 fasilitas kesehatan yang belum terakses internet.

Upaya lainnya yakni penegakan hukum yang tegas diiiringi dengan sosialisasi terus-menerus terkait kebijakan selama pandemi. Misalnya, Gerakan Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak (3M) juga perlu diutamakan.

“Sebagus apapun kebijakan PSBB dan kebijakan lain terkait Covid-19, tanpa adanya sosialisasi yang menjelaskan manfaat dari kebijakan tesebut, dan didukung kesadaran dan komitmen masyarakat, maka kebijakan tersebut tidak akan maksimal,” ujarnya.

Jika masyarakat diberikan pemahaman secara terus-menerus soal tujuan kebijakan pemerintah dalam mencegah dan menangani Covid-19, dukungan dan kepercayaan publik juga akan terus bertambah. Upaya ini dapat dilakukan khususnya oleh Puskesmas dan relawan Covid-19 sehingga pedesaan pun dapat tersentuh informasi.

“Bagaimanapun, tak ada yang mampu memprediksi kapan gelombang pertama Covid-19 di Indonesia akan berakhir. Semuanya bergantung pada komitmen sungguh-sungguh antara pemerintah dan masyarakat,” tukasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(muh)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More