Beda Pendapat Ahli Epidemologi dengan Gugus Tugas soal Meredanya Kasus COVID-19

Minggu, 03 Mei 2020 - 14:20 WIB
“Yang di RS kan yang bermasalah saja yang sering tidak tertolong, yang terlambat dateng, dia usianya sudah agak tua. Itu agak berat untuk menyelamatkan jiwanya,” katanya.

Karena itu, dia mengingatkan bahwa pemerintah jangan bermimpi bahwa pandemi ini cepat selesai. Dia mengibaratkan itu seperti berlari 100 m sehingga ingin cepat sampai garis finish.

Sementara, pandemi ini ibarat lari marathon 42 km harus cepat tetapi tetap menjaga irama kecepatan dan nafas, jangan terlalu dipaksa untuk sampai garis finish. Karena, akan lebih sulit menjaga agar kasus pandemi ini mereda.

“Karena proses selanjutnya akan lebih sulit untuk menjaga kasus-kasus ini cepat reda. Jadi kalau menurut saya kalau pingin cepat Juli mereda, bukan selesai ya, itu intensitas pembatasan sosialnya harus benar-benar terlaksana. Kalau kita bilang pembatasan sosial itu ada 2 komponen, membatasi gerak penduduk dan melakukan mitigasi sosial-ekonomi. Ini harus serempak supaya masyarakat patuh untuk tidak tidak bergerak, tinggal di rumah, menghindari kerumunan untuk sementara,” pungkasnya.
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More