Tol Trans Jawa Pacu UMKM Daerah Makin Berkembang

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:22 WIB
Pembangunan Tol Trans Jawa sepanjang 2.103 km yang dilakukan Presiden Jokowi berdampak signifikan. UMKM daerah makin berkembang seiring munculnya lokasi baru pariwisata. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Pembangunan Tol Trans Jawa sepanjang 2.103 km yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdampak signifikan. UMKM daerah semakin berkembang seiring munculnya lokasi baru pariwisata.

"Tempat jajanan Purwokerto bisa lebih rame karena banyak wisatawan dari luar Purwokerto berkat Tol Trans Jawa #KamiYangTakKalianPahami," tulis akun TikTok Kayarezeqi yang dikutip, Jumat (18/10/2024).





Akun yang telah diikuti 251,2 ribu pengguna TikTok itu merasakan betul bagaimana keberadaan Tol Trans Jawa telah membuat UMKM di Purwokerto berkembang. Hal ini tidak lepas dari kawasan Baturaden yang mulai digemari masyarakat di bagian barat Jawa Tengah itu.

Hal sama juga diungkapkan akun TikTok lainnya @abeerputri yang mengaku merasakan dampak kehadiran Tol Pejagan-Pemalang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Dia melihat kini UMKM Brebes mulai merasakan dampaknya bila dibandingkan 14 tahun lalu.

Dia menceritakan saat dirinya kecil kehidupan Brebes begitu memprihatinkan dengan kondisi UMKM yang sepi. Kini setelah pembangunan tol, kawasannya mendadak ramai dengan bermunculan sejumlah pelaku UMKM.

Di tempat lain, akun TikTok @putra.ajisujati mengungkapkan rasa syukurnya terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi. Pasalnya, sejak 20 tahun menjadi warga Banten pembangunan nyaris tak dirasakan.

Kini dengan pembangunan Tol Serang-Panimbang akses jalan menuju pantai di pesisir barat Jawa mulai mudah. Seperti Jakarta-Tanjung Lesung yang bisa ditempuh selama 1,5 jam. Imbasnya ekonomi kerakyatan mulai dari homestay, kerajinan tangan, warung kelontong, hasil pertanian, dan perikanan mulai berkembang.

"Sekarang mobilisasi jauh lebih cepat, distribusi barang lancar, dan UMKM makin berkembang pesat. Akses mudah ini bikin ekonomi warga ikut terangkat,” katanya.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More