10 Bulan Kembali Jadi Menteri, Ini Tujuh Capaian Keberhasilan Mentan Amran

Selasa, 15 Oktober 2024 - 19:49 WIB
Soal cetak sawah, ide dan gagasan ini ternyata disambut baik oleh masyarakat papua yang merasa bahagia karena saat ini mereka memiliki lahan sendiri. Terkait hal ini, para petani, akademisi hingga politisi ramai-ramai memberi apresiasi atas keberanian Amran Sulaiman dalam membuat gebrakan. Salah satunya Budiman Sudjatmiko, Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Budiman mendukung program cetak sawah yang dijalankan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat swasembada pangan yang merupakan prioritas utama dari agenda panjang pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 5 tahun ke depan. Prabowo ingin Indonesia benar-benar berdaulat dan memiliki kemandirian pangan yang berkelanjutan.

Menurut Budiman, desentralisasi produksi pangan merupakan salah satu strategi yang akan melibatkan puluhan ribu desa untuk melakukan intensifikasi maupun ekstensifikasi pertanian, terutama pada beberapa komoditi utama.

Sebagai informasi, Kementan dibawah pimpinan Andi Amran Sulaiman sukses mengerjakan optimasi lahan rawa atau Oplah seluas 40 ribu hektare di Merauke, Papua Selatan.

Saat ini, program tersebut sudah memasuki masa tanam dan panen sehingga mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar. Mereka bersyukur tanah kelahirannya dijadikan program strategis nasional.

Optimasi lahan rawa ini akan menjadi pemanasan sebelum Kementan akan melakukan rencana besar mereka untuk cetak sawah baru di Merauke dengan total target 1 juta hektare. Program ini perlu dilakukan tidak hanya untuk menjadikan Indonesia mandiri pangan, tapi mewujudkan mimpi besar Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Uskup Agung Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Petrus Canisius Mandagi bahkan menyebut oplah dan cetak sawah merupakan proyek kemanusiaan bagi masyarakat Papua yang selama ini memiliki tanah subur namun belum dikelola secara baik.

Menurutnya, pertanian adalah sektor yang berkaitan erat dengan kebutuhan pokok sehari-hari, yaitu makanan. Maka dari itu, apa yang dicanangkan pemerintah memiliki tujuan yang sama dengan hukum agama yang masyarakat Papua anut.

Rencana cetak sawah baru juga disambut oleh warga setempat. Ketua adat dari salah satu marga di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Albertus Mahuse mengatakan, warganya sudah mengajukan dari 5 tahun lalu agar lahan mereka bermanfaat. Namun, baru bisa dibantu pemerintah saat ini dengan dibukakan lahan seluas 1.000 hektare yang terbagi di 3 titik.

Albertus menambahkan, pihaknya juga sudah mengumpulkan alat mesin pertanian (alsintan) seperti combine harvester, transplanter, traktor, dan pompa air.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More