Cerita Jokowi Butuh 1,5 Tahun untuk Konsolidasi Pemerintahan

Selasa, 08 Oktober 2024 - 14:40 WIB
Presiden Jokowi mengungkapkan, dulu dirinya membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 tahun pada periode pertama untuk mengkonsolidasikan pemerintah agar berjalan baik. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dulu dirinya membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 tahun pada periode pertama untuk mengonsolidasikan pemerintah agar berjalan baik.

"Saya 2014 butuh waktu 1 sampai 1,5 tahun untuk mengkonsolidasi. Artinya 1 sampai 1,5 tahun waktu kita hilang," kata Jokowi, Selasa (8/10/2024).

Jokowi pun merasa senang proses transisi pemerintahan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto berjalan dengan baik. "Karena itu saya sangat senang sekali proses transisi kepemerintahan ini kita harapkan yang tinggal 12 hari berjalan dengan baik dan berjalan dengan mulus," kata Jokowi.



Mantan Gubernur Jakarta inimengatakan, hampir disetiap rapat paripurna dan rapat terbatas apapun topiknya Presiden Terpilih Prabowo Subianto selalu hadir. Sebab kata Jokowi, sebelum menjadi Presiden Terpilih, Prabowo hanya hadir rapat mengenai pertahanan.



"Kalau sebelumnya hanya untuk urusan pertahanan tapi setelah jadi presiden terpilih di semua rapat terbatas rapat paripurna selalu hadir. Sehingga rencana-rencana untuk program unggulan yang akan dilaksanakan oleh Presiden Prabowo itu betul-betul disiapkan dengan baik dengan menteri-menteri yang sekarang," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan bahwa Prabowo telah menyiapkan rencana dan program pemerintahan selanjutnya dengan para menteri saat ini khususnya menteri keuangan terkait RAPBN 2025.

"Sebagai contoh untuk RAPBN 2025. Saya enggak tahu berapa kali pertemuan Pak Prabowo dengan Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani. Hampir setiap Minggu, hampir setiap hari bertemu untuk mempersiapkan itu," ucapnya.

Jokowi pun meyakini, transisi pemerintahan bakal berjalan dengan mulus. Kata dia, pada saat dilantik nanti Prabowo dan para menteri kabinetnya langsung bisa bekerja.

"Artinya apa seperti tadi yang disampaikan Pak Enggar transisi kepemimpinan ini akan berjalan dengan lancar insyaAllah mulus. Sehingga setelah dilantik Presiden dan seluruh kabinet langsung bisa bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada tanpa ada jeda," ungkapnya.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More