Resmi Dilantik, Tamsil Linrung Digadang Jadi Pimpinan DPD RI

Selasa, 01 Oktober 2024 - 15:07 WIB
“Kita sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dalam pertemuan itu kita ingin mencari titik temu dan kesepahaman bersama dalam menyikapi persoalan kebangsaan terutama kedaerahan,” katanya.

Menurut Tamsil, hasil pertemuan ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi DPD untuk mengambil peran yang lebih optimal dalam memperjuangkan kepentingan daerah di era pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subiyanto.

Selain karena Prabowo Subianto didukung oleh koalisi mayoritas di DPR, paling tidak ke depannya Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra bisa menjembatani hubungan DPD dan DPR agar ada sinergi dalam membangun sistem keterwakilan yang setara dan seimbang.

Kedua, membangun kolaborasi dengan tanpa meninggalkan prinsip check and balances. Sehingga selain bisa memberikan masukan kepada pemerintah namun juga pengawasan terhadap kinerja pemerintah tetap jalan.

Apalagi kalau melihat pembagian kekuasaan di Indonesia pascaperubahan UUD NRI 1945 menganut division of power. Sehingga tidak jarang ada satu kekuasaan dimiliki lebih dari dua lembaga tinggi negara.

Seperti kekuasaan legislatif tidak hanya dimiliki oleh DPR dan DPD, namun, juga dimiliki Presiden ketika mengusulkan rancangan Undang-Undang (RUU).

Sehingga memungkinkan setiap lembaga tinggi negara untuk saling menjalin komunikasi satu sama lain karena ada beberapa kesamaan kewenangan yang bisa disinergikan. “Ketiga, akan mengoptimalkan segala potensi kewenangan DPD yang dipunya. Khususnya fungsi pengawasan,” ucapnya.

Terakhir, Tamsil menegaskan, DPD harus banyak berperan menjembatani komunikasi pemerintah pusat dengan daerah untuk merumuskan format otonomi daerah yang adil dan seimbang.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More