Jokowi Sudah Terima 10 Nama Capim dan Dewas KPK

Selasa, 01 Oktober 2024 - 13:45 WIB
Presiden Jokowi menerima dokumen hasil seleksi calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK. Foto/SINDOnews/raka dwi novianto
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah menerima dokumen hasil seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Dewan Pengawas pada hari ini Selasa (1/10/2024) di Base Off Lanud Halim Perdana Kusuma.

"Pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 13.00 WIB, Bapak Presiden telah menerima Panitia Seleksi Capim KPK dan Calon Dewas KPK di Ruang Holding, Base Off Lanud Halim Perdana Kusuma," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Selasa (1/10/2024).

Pada kesempatan itu, Pansel menyerahkan dokumen tentang hasil seleksi Capim KPK dan Calon Dewas KPK. Ari menjelaskan terkait nama-nama Capim KPK dan Calon Dewas KPK yang disampaikan Pansel ke Presiden Jokowi akan diumumkan secara langsung oleh Pansel dalam Konfrensi Pers di Kemensetneg. "Setelah menerima Pansel, Presiden langsung berangkat ke NTT untuk kunjungan kerja," kata Ari.



Diberitakan sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) KPK bakal menyerahkan 10 nama calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas KPK ke Presiden Jokowi. “Rencana hari ini,” kata Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh kepada wartawan, Selasa (1/10/2024).

Ateh menyebutkan, pihaknya akan mengirimkan masing-masing 10 nama untuk calon pimpinan dan calon Dewas KPK ke Jokowi. Para nama itu merupakan peserta yang dinyatakan lolos dalam tahapan seleksi tes wawancara dan tes Kesehatan.

Nantinya, kata dia, Presiden Jokowi akan menyerahkan nama-nama yang telah diserahkan oleh pihaknya ke DPR. Para peserta calon pimpinan dan calon Dewas KPK itu kemudian akan mengikuti fit and proper test di DPR.

Dia menambahkan, mengatakan tes akhir itu menjadi wewenang DPR. Saat ini, lanjut dia, tugas Pansel KPK periode 2024-2029 berakhir hari ini seiring pengiriman 10 nama ke Jokowi. “Masing-masing 10. Tugas kami sudah selesai hari ini,” jelas dia.

Sebagai informasi, Pansel KPK telah melakukan tes wawancara terhadap calon pimpinan KPK sejak 17-20 September 2024 lalu.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More