5 Jenderal TNI-Polri yang Dikenal Sederhana dan Tak Suka Hidup Bermewah-mewahan

Rabu, 04 September 2024 - 07:34 WIB
Pada kepribadiannya, Mung dikenal sebagai sosok bersahaja. Hal ini pernah diungkap Prabowo Subianto dalam buku “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto”.

Kendati statusnya jenderal, Mung tak memiliki asisten rumah tangga. Prabowo menceritakan bahwa Mung bangun pukul 04.30 WIB, lalu menyapu dan mengepel rumah.

Setelah pekerjaan rumah teratasi, jenderal kelahiran Yogyakarta itu baru berangkat ke kantor. Selain itu, Mung juga dikenal sangat disiplin dan tidak mencampurkan urusan dinas dengan kepentingan pribadi.

Contohnya, dia melarang istri dan anaknya untuk memakai kendaraan dinas. Alhasil, anak Mung harus berjalan kaki ke sekolah, sedangkan istrinya naik becak ketika berbelanja.

Kesederhanaan lain dari Mung adalah sikapnya yang tak mau merepotkan orang lain. Suatu ketika, dia menolak disuguhi makanan mewah ketika bertamu.

“Jamuan itu mesti sama dengan prajurit. Beliau bahkan kerap membawa air minum sendiri,” ucap Prabowo.

4. Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso adalah Panglima TNI periode 2007-2010. Sebelumnya, lulusan AKABRI 1975 itu juga sempat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) periode 2005-2007.

Setelah pensiun dari militer, Djoko menggeluti dunia politik. Dia memilih bergabung dengan Partai Gerindra dan sempat menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Pada kesehariannya, Djoko dikenal sebagai sosok yang sederhana sejak kecil. Dia menyadari ayahnya hanya pensiunan guru dan punya penghasilan pas-pasan, sehingga terpacu untuk bekerja keras mewujudkan impiannya.

5. Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution

Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution atau akrab disapa Pak Nas adalah tokoh militer kenamaan dalam sejarah Indonesia. Dia termasuk salah satu pemegang bintang lima di Tanah Air, sama seperti Soedirman dan Soeharto.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More