Potret Hangat Kekerabatan Pendaki Jabodetabek, Saudara Walau Tidak Sedarah

Senin, 29 Juli 2024 - 11:35 WIB
Diketahui, Don Hasman adalah seorang fotografer yang memilih menekuni dunia etnofotografi. Jurnalis foto yang juga senior Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) ini telah berkecimpung dalam dunia fotografi selama 62 tahun, dimulai sejak tahun 1980-an.

Objek potretnya terkonsentrasi pada aspek-aspek antropologi mengenai daerah-daerah yang berada di pelosok Indonesia yang didapatkan melalui kunjungannya pada daerah-daerah tersebut. Ia pernah meraih penghargaan 100 Famous Photographers in The World dari Pemerintah Prancis pada tahun 2000.

baca juga: Senior Pecinta Alam, Bang Djajo Meninggal Dunia

Pada usia 70 tahun, Don Hasman pernah berjalan kaki dari Saint-Jean-Pied-de-Port, Prancis hingga Katredal Santiago de Compostela, Spanyol, menempuh seribu kilometer dengan tujuan mengabadikan semua yang dilihatnya dengan kamera selama perjalanan. Perjalanan ini ditempuhnya dalam waktu 35 hari. lebih dari 14.000 foto berhasil diperoleh dalam perjalanan ini.

Don Hasman yang kini berusia 84 tahun dan masih sangat bugar bahkan kerap berjalan kaki 30 km sehari, menyatakan alasan ketertarikannya pada fotografi, yaitu "memotret peristiwa kehidupan sehari-hari kita bisa menghentikan waktu dengan melihat hasil foto yang berbeda dengan kejadian setelah kita memotret.

Sementara itu, Syamsirwan Ichien adalah anggota kehormatan Mapala UI yang di masanya senang menjelajah daerah-daerah di Indonesia. Sebagai seorang fotografer, ia kerap mendokumentasikan banyak kegiatan ekspedisi dan aktivitas para petualang Indonesia, salah satunya legenda petualang Norman Edwin.

Pada 1988 silam, Syamsirwan Ichien sempat mendokumentasikan perjalanan seorang jurnalis sekaligus petualang Effendi Sulaiman yang berlayar dengan perahu kayu berukuran kecil. Ekspedisi yang diberi nama Cadik Nusantara ini dilakukan Effendi Sulaiman seorang diri dan sukses berlayar sampai ke Brunei Darussalam.



(Kiri kanan) Ketua Forum Pendaki Jabodetabek Nusron, owner Bumi Cantigi Uncle Ben,

Fotografer senior Don Hasman, anggota Kehormatan Mapala UI Syamsirwan Ichien,
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More