Golkar Sodorkan Jusuf Hamka Dampingi Kaesang di Pilgub Jakarta, Sinyal Airlangga-Jokowi Kompak

Jum'at, 19 Juli 2024 - 22:35 WIB
Partai Golkar menyodorkan pengusaha jalan tol Jusuf Hamka untuk menjadi bakal calon wakil gubernur pendamping Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta 2024. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Partai Golkar menyodorkan pengusaha jalan tol Jusuf Hamka untuk menjadi bakal calon wakil gubernur pendamping Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan siap memberikan dukungan jika Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memutuskan maju pada Pilgub Jakarta 2024.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno berpendapat bahwa diusungnya Kaesang-Jusuf Hamka atau Babah Alun (Ka’bah) memberikan sinyal yang kuat bahwa Airlangga satu frekuensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengusung kandidat pada Pilkada Jakarta.

"Sejauh ini, ini memang (menunjukkan Airlangga-Jokowi) mereka kompak. Kan KIM plus. Itu artinya KIM plus Jokowi," kata Adi dihubungi, Selasa (19/7/2024).





Adi juga menyoroti terkait isu Kaesang bakal maju menjadi calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan Jakarta. Menurut Adi, Kaesang lebih cocok maju di Pilkada Jakarta daripada di Jateng.

Pasalnya, Jakarta lebih pas untuk dipimpin oleh figur anak muda. Terlebih, Presiden Jokowi yang pernah menjadi Gubernur Jakarta bisa membagikan pengalamannya kepada Kaesang dalam membangun kota metropolitan tersebut.

“Kalau saya bisa mengusulkan, Kaesang lebih baik maju calon gubernur Jakarta karena jauh lebih bergengsi dan lebih praktis, apalagi Pak Jokowi pernah menjadi gubernur, jadi bisa berbagi pengalaman bagaimana cara membangun Jakarta," tuturnya.

Adi mengatakan, soal elektabilitas sosok Jusuf Hamka dapat meningkatkan peluang kemenangannya bersama Kaesang merupakan hal teknis. Dia menyakini Kesang-Jusuf Hamka bisa mengimbangi kandidat lain, seperti Anies Baswedan jika memang benar-benar diusung maju di Pilkada Jakarta.

"Itu teknis (elektabilitas Jusuf Hamka). Yang jelas, nama Kaesang disebut potensial calon gubernur Jakarta oleh Golkar, Kaesang bisa memberikan perlawanan kepada Anies,” pungkasnya.
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More