16 Komjen Pol Berpeluang Masuk Bursa Kapolri, Dua Orang Peraih Adhi Makayasa

Selasa, 16 Juli 2024 - 11:04 WIB
Sebanyak 16 Perwira Tinggi Polri saat ini berpangkat Komjen Polisi. FOTO ILUSTRASI/DOK.HUMAS POLRI
JAKARTA - Bursa calon Kapolri mulai diperbincangkan menjelang pergantian kepemimpinan nasional. Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menuntaskan masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan digantikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Kapolri merupakan pimpinan tertinggi di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Pemangku jabatan ini adalah perwira berpangkat Jenderal Polisi yang disimbolkan empat bintang di pundak seragamnya.

Saat ini Kapolri dijabat oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 27 Januari 2021. Usianya waktu itu cukup muda, 52 tahun.





Meski sudah cukup lama memimpin Polri tapi secara usia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih bisa terus menjabat sebagai Kapolri hingga pensiun. Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia menyatakan, 'Usia pensiun maksimum anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia 58 (lima puluh delapan) tahun dan bagi anggota yang memiliki keahlian khusus dan sangat dibutuhkan dalam tugas kepolisian dapat dipertahankan sampai dengan 60 (enam puluh) tahun.

Berdasarkan aturan tersebut, Jenderal Listyo Sigit masih bisa dipertahankan sebagai Kapolri hingga 3 tahun ke depan. Namun jika tidak, maka saat ini ada 16 Pati Polri berpangkat Komjen Pol yang berpeluang menggantinya. Siapa saja mereka?

Pati Polri Berpangkat Komjen Polisi Aktif Saat Ini:

1. Komjen Pol Agus Andrianto

Jabatan: Wakapolri

Lulusan: Akpol 1989

Usia: 57 tahun
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More