7 Panglima TNI Termuda yang Pernah Menjabat, Ada yang Belum Berusia 30 Tahun

Jum'at, 21 Juni 2024 - 06:24 WIB
Sebelum menjabat sebagai Panglima, Jenderal Maraden sempat menduduki posisi Panglima Angkatan Darat periode 1967–1969.

Selain terkenal sebagai tokoh militer, ia juga dikenal sebagai tokoh politik dengan pernah menduduki jabatan Menteri Pertahanan dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan II serta Menteri Koordinator Politik dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan III.

3. Jenderal TNI (Purn) M Jusuf



Jenderal Andi Muhammad Jusuf Amir menjabat sebagai Panglima pada 29 Maret 1978. Sebagai pria kelahiran 23 Juni 1928, pada saat menjabat sebagai Panglima usianya baru menginjak 50 tahun.

Pria asal Bone, Gorontalo, ini merupakan salah satu keturunan bangsawan dari suku Bugis. Dalam posisi pemerintahan ia pernah menjabat sebagai Panglima ABRI merangkap Menteri Pertahanan Keamanan pada periode 1978–1983.

4. Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto



Mantan Presiden RI ini pernah menjabat sebagai Panglima ABRI pada 6 Juni 1968 dengan menyandang pangkat Mayor Jenderal. Pada saat itu usianya baru 47 tahun, sebab Soeharto lahir pada 8 Juni 1921.

Setelah diangkat menjadi Panglima, Soeharto lantas memimpin operasi penertiban dan pengamanan atas perintah dari Presiden Soekarno, salah satu yang dilakukannya adalah dengan menumpas Gerakan 30 September dan menyatakan bahwa PKI sebagai organisasi terlarang.

5. Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution



Jenderal Abdul Haris Nasution yang lahir pada 3 Desember 1918, menjabat sebagai Panglima di tahun 1962. Sehingga pada saat itu usianya diperkirakan masih 44 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More