7 Panglima TNI Termuda yang Pernah Menjabat, Ada yang Belum Berusia 30 Tahun

Jum'at, 21 Juni 2024 - 06:24 WIB
Dalam sejarah TNI telah ada 25 nama Perwira Tinggi (Pati) yang menduduki jabatan Panglima, mulai dari Jenderal TNI Soedirman hingga Jenderal TNI Agus Subiyanto. Foto/tnial.mil.id
JAKARTA - Terdapat tujuh Panglima TNI termuda yang pernah menjabat dalam sejarah Indonesia. Kebanyakan dari mereka ini menjabat di masa lalu, ketika Indonesia baru saja merdeka.

Dalam sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah ada 25 nama Perwira Tinggi (Pati) yang menduduki jabatan Panglima, mulai dari Jenderal TNI Soedirman hingga Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Dari banyaknya nama yang telah menduduki jabatan tertinggi di TNI, terdapat beberapa nama yang usianya masih tergolong muda untuk jabatan tersebut. Bahkan ada yang belum menyentuh kepala tiga ketika menduduki posisi tersebut.



7 Panglima TNI Termuda saat Menjabat:

1. Jenderal TNI (Purn) Leonardus Benyamin Moerdani



Leonardus Benyamin Moerdani yang lahir pada 2 Oktober 1932 dilantik sebagai Panglima ABRI tanggal 28 Maret 1983. Sehingga pada saat itu usianya masih 50 tahun, membuatnya berada dalam jajaran Panglima termuda yang pernah menjabat.



Pria asal Blora, Jawa Tengah ini dikenal sebagai perwira TNI yang banyak berkecimpung di dunia intelijen, sehingga sosoknya banyak dianggap misterius. Selain itu, Ia juga memiliki julukan yang merupakan antitesis dari Soeharto yaitu "Unsmiling General".

2. Jenderal TNI (Purn) Maraden Panggabean



Jenderal bernama lengkap Maraden Saur Halomoan Panggabean ini lahir pada 29 Juni 1922. Ia secara resmi dinobatkan sebagai Panglima pada 28 Maret 1973, sehingga pada saat itu usianya baru 50 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More