4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Jadi Wagub Lemhannas

Jum'at, 14 Juni 2024 - 05:50 WIB
Sebelum menjabat sebagai Waka BIN, Cantiasa adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD) dari 15 Mei 2023 hingga 9 November 2023. Pati TNI AD yang berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) ini juga pernah menduduki jabatan bergengsi lainnya.

Mulai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari. Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer XVIII/Cenderawasih sejak Desember 2017 hingga November 2018. Sebelumnya, ia juga menjabat Danrem 173/Praja Vira Braja dan Kasdam XVII/Cenderawasih.

Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan terbaik di Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Cantiasa juga tercatat sebagai siswa dengan karya tulis terbaik saat mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014.

Cantiasa pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Merah Putih saat masih berpangkat Kolonel. Ia menjadi komandan dalam kegiatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2013.

Sebagai prajurit Korps Baret Merah, Cantiasa pernah mendapat tugas membebaskan sandera di Irian Jaya saat masih berpangkat Letnan Satu (Lettu) Infanteri dan menjabat sebagai Wakil Komandan Sub Tim Detasemen 81 (Penanggulangan Teror) atau Sat-81/Gultor Kopassus. Cantiasa dan prajurit Kopassus lainnya berhasil menyelesaikan tugas tersebut pada 9 Mei 1996 setelah menyerbu ke markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Desa Geselama, Mimika.

3. Letjen TNI Teguh Muji Angkasa



Teguh Muji Angkasa merupakan Danjen Kopassus ke-33 yang menyandang pangkat Letjen TNI saat ini. Pati TNI AD ini dipercaya menduduki jabatan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri TNI Angkatan Darat (Danpussenif TNI AD) sejak 21 Februari 2024.

Sebelum menjabat Danpussenif TNI AD, Teguh Muji mejabat Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad). Dia menggatikan Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang digeser menjadi Danjen Akademi TNI.

Teguh merupakan lulusan Akademi Militer (1989) yang berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sebagian besar kariernya memang dihabiskan di pasukan elite AD tersebut.

Semasa perwira menengah berpangkat Letnan Kolonel (Letkol), dia ditugasi sebagai Kepala Penerangan Kopassus. Setelah itu menjadi Asisten Intelijen Danjen Kopassus pada 2011-2013. Melati di pundaknya bertambah satu alias Kolonel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More