Mengandung Konsep Ketuhanan, Pancasila Ajarkan Sikap Toleran

Kamis, 06 Juni 2024 - 19:11 WIB
"Salam adalah doa yang terjemahannya adalah 'semoga keselamatan bagi kita semua, dan semoga Allah merahmati serta memberkahi kita," katanya.

Dalam menyebarkan salam, ia berujar bahwa masing-masing agama memiliki tata cara yang harus dihormati oleh semua. Selama rasa saling menghormati dapat dijunjung tinggi, maka pelaksanaan salam dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Terkait dengan fatwa salam lintas agama, yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan baru-baru ini banyak terlintas di ruang publik, Kiai Embay menanggapinya dengan santai. Ia tidak mempermasalahkan terhadap pihak yang ingin menjalankan fatwa tersebut, ataupun tidak menjalankannya.

"Fatwa, jika dikontekstualisasikan dalam bahasa sehari-hari, memiliki arti 'petuah'. Maksudnya bahwa fatwa itu adalah hal yang boleh dipatuhi ataupun juga boleh untuk tidak dipatuhi," katanya.

Kiai Embay menyoroti pentingnya menghayati tiap butir sila dalam Pancasila. Pancasila adalah lima gagasan pokok yang saling berkaitan, sehingga tidak mungkin memilih untuk menjalankan sebagian, namun meninggalkan butir sila lainnya.

"Sebagai contoh, sila kelima Pancasila yang mengulas tentang keadilan sosial, tidak akan dapat terwujud jika aspek ketuhanan dan aspek kemasyarakatan diabaikan," katanya.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More